PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI S1 AKUNTANSI PADA SISWA SMK SWASTA DI BANJARMASIN

Main Article Content

Ruslinda Agustina Rizki Amalia Afriana

Abstract

Abstract,


             This study aims to prove empirically the influence of learning motivation, learning achievement, socioeconomic status of parents and the environment of peers against the interests of private SMK students in Banjarmasin to continue education to S1 Accounting.


             The population in this study amounted to 206 students class XII accounting consisting of: SMK BINA BANUA, SMK MAESTRO, SMK NU, and SMK Muhammadiyah I. This study used primary data by distributing questionnaires to respondents (students) with the help of SPPS test tool version 16.00.


              The results of this study indicate that H1 is accepted because the motivation to learn can improve financial ability and become one of the decisions of a person to achieve higher formal education and gain direct or indirect award. While H2, H3, and H4 are not accepted because some students think they are able to perform and improve their ability to continue to college with the existing skill competencies for education expenses can be either government or corporate scholarships. They can get information about higher education not from friends but direct experience from family. The conclusion in this research is partially only H1 which influence to student's interest to continue to college S1 Accounting while H2, H3, and H4 have no effect. Simultaneously H5 effect on student interest to continue education to college S1 accounting.

Article Details

How to Cite
Agustina, R., & Afriana, R. (2018). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI S1 AKUNTANSI PADA SISWA SMK SWASTA DI BANJARMASIN. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 12-27. Retrieved from https://stienas-ypb.ac.id/jurnal/index.php/jdeb/article/view/95
Section
Articles

References

Abdulsyani, 2007. Artikel (Online), (http://etheses.uin-malang.ac.id/600/6/10410177 di unduh 01 Januari 2017)
Aryanto, Elfin Ardi, 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas XI SMAN I JOGINALAN Untuk Melanjutkan Ke Jenjang Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Budisantoso, Ilham, 2015. Pengaruh Motivasi Belajar, pendidikan Orang Tua, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XI SMA N 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Djamarah, (2002: 34), Artikel, www.definisi-pengertian.com › Pendidikan › Psikologi, di unduh pada tanggal 12 Juli 2016.

Dwi, 2012. Artikel (Online), (http://eprints.uny.ac.id/7781/3/bab%202%20-%2008108249137.pdf di unduh pada tanggal 03 Januari 2017).

Fitriani, 2014. Pengaruh Motivasi Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal, ejournal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), Artikel, (Online), (http://kbbi.web.id/motivasi di unduh 02 Desember 2016).

Kharisma, Nabila, 2015. Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Kompetensi keahlian Akuntansi di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Martini, 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Akuntansi Sebagai Temapat Kuliah Di Universitas Di Kota Pekanbaru, Jurnal Mahasiswa Online. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Pekanbaru.

Purwanto, 2008. Artikel. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Motovasi Belajar. (Online), (http://sainsjournal-
fst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45907-PENDIDIKAN-Faktorfaktor%20yang%20berpengaruh%20terhadap%20motivasi%20belajar.html di unduh 12 Desember 2016).

Rahayu (2013), Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI JUMAPOLO Tahun Ajaran 2012/2013 eprints.ums.ac.id/25270/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Suryabrata, Sumadi, 1987. Artikel. Definisi,Pengertian, Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar, (Online), (https://azharm2k.wordpress.com/2012/05/09/definisi-pengertian-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar/ di unduh 16 Desember 2016).

Winardi, dan Uno, (2007,p1), www.definisi-pengertian.com › Pendidikan › Psikologi, di unduh pada tanggal 30 Juli 2016.