PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI S1 AKUNTANSI PADA SISWA SMK SWASTA DI BANJARMASIN

  • Ruslinda Agustina STIE Nasional Banjarmasin
  • Rizki Amalia Afriana STIE Nasional Banjarmasin
Kata Kunci: minat, motivasi belajar, prsetasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya

Abstrak

Abstrak,

            Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh motivasi belajar, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat siswa SMK swasta yang ada di Banjarmasin  untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi S1 Akuntansi.

            Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 siswa kelas XII akuntansi yang terdiri dari: SMK BINA BANUA, SMK MAESTRO, SMK NU, dan SMK Muhammadiyah I.  Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada responden (siswa) dengan dibantu alat uji SPPS versi 16.00.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H1 diterima karena motivasi belajar dapat meningkatkan kemampuan finansial dan menjadi salah satu keputusan seseorang untuk meraih pendidikan formal yang lebih tinggi serta memperoleh penghargaan langsung maupun tidak langsung. Sementara H2, H3, dan H4 tidak diterima karena sebagian siswa berpendapat bahwa mereka mampu berprestasi dan meningkatkan kemampuan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan kompetensi keahlian yang sudah ada kemudian untuk biaya pendidikan dapat berupa beasiswa yang diberikan pemerintah maupun dari perusahaan. Mereka bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan tinggi tidak dari teman saja melainkan pengalaman langsung dari keluarga. Simpulan dalam penelitian ini adalah secara parsial hanya H1 yang berpengaruh terhadap minat siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi S1 Akuntansi sementara H2, H3, dan H4 tidak berpengaruh. Secara simultan H5 berpengaruh terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi S1 akuntansi.

Referensi

Abdulsyani, 2007. Artikel (Online), (http://etheses.uin-malang.ac.id/600/6/10410177 di unduh 01 Januari 2017)
Aryanto, Elfin Ardi, 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas XI SMAN I JOGINALAN Untuk Melanjutkan Ke Jenjang Perguruan Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Budisantoso, Ilham, 2015. Pengaruh Motivasi Belajar, pendidikan Orang Tua, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XI SMA N 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Djamarah, (2002: 34), Artikel, www.definisi-pengertian.com › Pendidikan › Psikologi, di unduh pada tanggal 12 Juli 2016.

Dwi, 2012. Artikel (Online), (http://eprints.uny.ac.id/7781/3/bab%202%20-%2008108249137.pdf di unduh pada tanggal 03 Januari 2017).

Fitriani, 2014. Pengaruh Motivasi Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal, ejournal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), Artikel, (Online), (http://kbbi.web.id/motivasi di unduh 02 Desember 2016).

Kharisma, Nabila, 2015. Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Kompetensi keahlian Akuntansi di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Martini, 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Akuntansi Sebagai Temapat Kuliah Di Universitas Di Kota Pekanbaru, Jurnal Mahasiswa Online. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Pekanbaru.

Purwanto, 2008. Artikel. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Motovasi Belajar. (Online), (http://sainsjournal-
fst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45907-PENDIDIKAN-Faktorfaktor%20yang%20berpengaruh%20terhadap%20motivasi%20belajar.html di unduh 12 Desember 2016).

Rahayu (2013), Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI JUMAPOLO Tahun Ajaran 2012/2013 eprints.ums.ac.id/25270/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Suryabrata, Sumadi, 1987. Artikel. Definisi,Pengertian, Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar, (Online), (https://azharm2k.wordpress.com/2012/05/09/definisi-pengertian-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar/ di unduh 16 Desember 2016).

Winardi, dan Uno, (2007,p1), www.definisi-pengertian.com › Pendidikan › Psikologi, di unduh pada tanggal 30 Juli 2016.
Diterbitkan
2018-03-30