ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN SARANG BURUNG WALET DI KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT

Main Article Content

Adelina Whila RR Siti Munawaroh

Abstract

This study aims to determine the quality of the product, in this case the quality of swallow nests, as well as to analyze the marketing strategy of swallow nests in Pelaihari District, Tanah Laut Regency.


Moreover, the data were collected by conducting interviews with swallow nest entrepreneurs in Pelaihari District, Tanah Laut Regency from 2017-2021. By using purposive sampling, 6 of 23 swallow nest entrepreneurs were chosen as informants. The data then were analyzed descriptively and qualitatively through data reduction, data presentation and conclusion.


The results showed that swallow nests are classified into high quality, medium quality and low quality. The quality, which is classified based on the colour, cleanliness, shape and humidity, of the swallow's nest, determines the price of the swallow's nest. The marketing strategy of swallow's nest in Pelaihari District uses a community system for sales channels, face-to-face for sales transactions, market prices become the benchmark for sales, and there is no determination of product availability.

Article Details

How to Cite
Whila, A., & Munawaroh, R. (2023). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN SARANG BURUNG WALET DI KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 393-402. https://doi.org/https://doi.org/10.53651/jdeb.v16i2.453
Section
Articles

References

Arianty, N. (2017). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 8(10).

Artanto, S. F., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sarang Burung Walet Di Delta Walet Kota Muara Teweh. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(08). Diambil kembali dari riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/17670/13356

Chayaning, M. W., & Anshori, I. (2022). STRATEGI PEMASARAN SARANG BURUNG WALET DI LAMONGAN MELALUI KARAKTERISTIK KERJA. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1), 53-62. Diambil kembali dari https://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/article/view/4821

Himawan, P., & Rahayu, S. (2019). Pengendalian Kualitas Sarang Burung Walet di CV LVS Probolinggo dengan Menggunakan New Seven Tools. CALYPTRA, 7(2), 2860-2870. Diambil kembali dari https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3544
Joko Bagio Santoso, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Kurniati, D., & Dolorosa, E. (. (2013). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Usaha Agribisnis Sarang Burung Walet di Kota Pontianak. Jurnal IPREKAS - Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa. Diambil kembali dari www.repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/108/dewi%20kurniati,eva%20dolorosa.pdf?sequence=1

Martini, A. N., Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone oppo di kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 29-39.

Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1).

Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75-82.

Putra, G. P., & Sunarti, S. (2017, July 1). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 48(1). Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/88103-ID-pengaruh-kualitas-produk-terhadap-keputu.pdf

Sumaila, D. O., Dumais, J. N., & Tangkere, E. G. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Produk Share Tea di Manado Town Square 3 Kota Manado. AGRI-SOSIOEKONOMI, 14(2), 67-76.

Sutrsino, A., N. A., Widodo, J., & Zulianto, M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk RM Ayam Bakar Wong Solo Jember. URNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 259-263.

Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Warisman, B. W., Ilham, W., & Asysyifa, A. (2020). ANALISIS KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DARI USAHA SARANG BURUNG WALET DI KELURAHAN ANGSAU KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT. Jurnal Sylva Scienteae, 3(4), 594-601. Diambil kembali dari ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jss/article/download/2342/1903

Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Widodo, S., & Hasanah, E. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Perangkat Parkir Pada PT Tri Wahana Solusindo. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(2), 126-139. Diambil kembali dari https://core.ac.uk/download/pdf/337610814.pdf