THE INFLUENCE OF CONVENIENCE AND TRUST ON THE INTEREST IN USE OF FUND APPLICATIONS IN STUDENTS OF STIE NASIONAL BANJARMASIN ACCOUNTING STUDY PROGRAM convenience and trust
Main Article Content
Abstract
The aim of the study was to empirically prove the effect of convenience and trust on interest in using fund applications in students of the Banjarmasin National STIE Accounting Study Program.The method used in this study was a quantitative method by distributing questionnaires to 64 students of the Banjarmasin National STIE Accounting Study Program who were used as respondents using the SPSS Version 26.00 test tool.The conclusion is that partially and simultaneously ease and trust influence the interest in using fund applications for students of the Banjarmasin National STIE Accounting Study Program.
Article Details
How to Cite
Gustiana, R., & Agustina, R. (2023). THE INFLUENCE OF CONVENIENCE AND TRUST ON THE INTEREST IN USE OF FUND APPLICATIONS IN STUDENTS OF STIE NASIONAL BANJARMASIN ACCOUNTING STUDY PROGRAM. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 72-89. https://doi.org/https://doi.org/10.53651/jdeb.v16i1.414
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
References
Arthana dan Rukhviyanti, 2015. Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking (M-Banking): Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Informasi, Vol .7, No. 1, p.25-41.
Bank Indonesia. (n.d.). Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik.
Bank Indonesia, (2018, 01 Desember). Mengenal Financial Teknologi. Diakses pada 07 Oktober 2022, dari www.bi.go.id.
CNN Indonesia (2021, 20 Agustus) DANA Jadi Aplikasi Finansial No.1 di Kuartal Dua 2021. Diakses pada 07 Oktober 2022, dari https://www.cnnindonesia. com/
DANA. (n.d.). Produk & Fitur DANA. Diakses pada 02 Agustus 2022, dari https://www.dana.id/
Davis. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology. MIS Quarterly, Vol.13, No.03, p.319-339
Ernawati dan Noersanti. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
Farahdiba, Erfi. 2019. Analisis Faktor Faktor yang Memengaruhi Minat Pengguna E Wallet sebagai Alat Transaksi Terhadap Mahasiswa di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Izza, Muhammad. 2021. Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat, Pengaruh Sosial, dan Keamanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet DANA. Skripsi. Kudus: IAIN Kudus
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media
Jogiyanto. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV. Yogyakarta: Andi Offset
Kartika, Aprillya. 2019. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 06, No. 02
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2018. Siaran Pers No 53./HM/KOMINFO/02/2018 tentang Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat. Jakarta: Kominfo
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Listianti, U. Yeni. 2018. Pengaruh Kepercayaan Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Penggunaan E-Money pada Mahasiswa FEB UMS. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Mathieson, 1991. Predicting User Intentions Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. Information System Research, Vol. 02, No. 03, p.173-191
Megadewandanu, S. 2016. Exploring Mobile Wallet Adoption in Indonesia Using UTAUT2 An Approach from Consumer Perspective. International Conference on Science and Technology Computer (ICST). Yogyakarta
Pratama dan Suputra, 2019. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 27, No. 02, Mei, p.927 – 953
Rahayu, Priestiani, 2019. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Kenyamanan terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Rahmatsyah, Deni. 2016. Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia
Safitri dan Diana. 2020. Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Pengguna pada Minat Penggunaan Dompet Elektronik (OVO) dalam Transaksi Keuangan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Islam Malang, Vol. 9, No. 5, Agustus, p.92-107
Setiadi, Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Schneider, 2011. Interpersonal Skills in Organizations. McGraw-Hill: Bostone
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet
Wijayanti, Fantry, 2017. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keperccayaan dan Persepsi Resiko terhadap Minat menggunakan E-Money. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Zakiyyah, Afiifah. 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan Go-Pay. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Bank Indonesia. (n.d.). Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik.
Bank Indonesia, (2018, 01 Desember). Mengenal Financial Teknologi. Diakses pada 07 Oktober 2022, dari www.bi.go.id.
CNN Indonesia (2021, 20 Agustus) DANA Jadi Aplikasi Finansial No.1 di Kuartal Dua 2021. Diakses pada 07 Oktober 2022, dari https://www.cnnindonesia. com/
DANA. (n.d.). Produk & Fitur DANA. Diakses pada 02 Agustus 2022, dari https://www.dana.id/
Davis. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology. MIS Quarterly, Vol.13, No.03, p.319-339
Ernawati dan Noersanti. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Skripsi. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
Farahdiba, Erfi. 2019. Analisis Faktor Faktor yang Memengaruhi Minat Pengguna E Wallet sebagai Alat Transaksi Terhadap Mahasiswa di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Izza, Muhammad. 2021. Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat, Pengaruh Sosial, dan Keamanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet DANA. Skripsi. Kudus: IAIN Kudus
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media
Jogiyanto. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV. Yogyakarta: Andi Offset
Kartika, Aprillya. 2019. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 06, No. 02
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2018. Siaran Pers No 53./HM/KOMINFO/02/2018 tentang Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat. Jakarta: Kominfo
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Listianti, U. Yeni. 2018. Pengaruh Kepercayaan Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Penggunaan E-Money pada Mahasiswa FEB UMS. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Mathieson, 1991. Predicting User Intentions Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. Information System Research, Vol. 02, No. 03, p.173-191
Megadewandanu, S. 2016. Exploring Mobile Wallet Adoption in Indonesia Using UTAUT2 An Approach from Consumer Perspective. International Conference on Science and Technology Computer (ICST). Yogyakarta
Pratama dan Suputra, 2019. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 27, No. 02, Mei, p.927 – 953
Rahayu, Priestiani, 2019. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Kenyamanan terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Rahmatsyah, Deni. 2016. Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia
Safitri dan Diana. 2020. Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Pengguna pada Minat Penggunaan Dompet Elektronik (OVO) dalam Transaksi Keuangan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Islam Malang, Vol. 9, No. 5, Agustus, p.92-107
Setiadi, Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Schneider, 2011. Interpersonal Skills in Organizations. McGraw-Hill: Bostone
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet
Wijayanti, Fantry, 2017. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keperccayaan dan Persepsi Resiko terhadap Minat menggunakan E-Money. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Zakiyyah, Afiifah. 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan Go-Pay. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia