PENGARUH KEAMANAN DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP MINAT BELI MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL OVO PADA KALANGAN MAHASISWA DI BANJARMASIN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh keamanaan dan kemudahan bertransaksi terhadap minat menggunakan OVO pada kalangan mahasiswa di Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Banjarmasin yang pernah menggunakan Dompet Digital OVO dengan sampel sebesar 50 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan penarikan sampel menggunakan minimal 10 kali dari jumlah variabel ditambah 20 responden. Hasil dari kuisioner dianalisis dengan regresi linear beganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa keamanan dan kemudahan bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan OVO pada kalangan mahasiswa di Banjarmasin sehingga apabila tingkat keamanan dan kemudahan bertransaksi ditingkatkan tentu minat beli menggunakan OVO pun akan semakin meningkat juga.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
References
Anonim, 2020, Evolusi Dompet Digital Menuju Keberlanjutan Bisnis, Jakarta, Ipsos,
Artini. 2019 . Faktor-Faktor Yang Memeengaruhi Minar Penggunaan Uang Elektronik Pada Aplikasi OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Tahun 2016-2017 UIN Sumatera Utara).UIN Sumatera Utara.
Assael, H, 2001, Consumer Behavior and Marketing Action, South-Weatern College Publishing, Cincinnati.
Fitriana, Ana & Wingdes, lrawan. (2017). Analisis TAM Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan E-Money lndomaret Card di Pontianak. Techno.COM , 401-410.
Ghozali, I.(2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang UNDIP. Jogianto, H. (2007). Sistem Jnformasi Keprilakuan. Yogyakarta. Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Jogianto, H.M. (2007), Sistem Informasi Keperilakuan, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Harlow: Pearson Education Limited
Kotler, Phillip, Bowen, J. ., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism (6th ed.). Pearson.
Rossiter, John R., Percy Larry. (1997). Advertising Communications & Promotion Management.Singapore.
Schiffman dan Kanuk. (2009). Perilaku Konsumen. Jakarta: lndeks
Streiner, D. L. (2003). Starting at the beginning : an introduction to coefficient alpha and internalconsistency. Journal of Personality Assessment , Feb ;80 (I) : 99-103.
Utami, S. S., & Berlianingsih, K. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money. Sekolah Tinggi llmu Ekonomi Ahmad Dahlan Jakarta , 29-41.
Ventakesh, V,dan Davis, FD. (2000). A Theoritical Extension of the Techanology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies , 186-204.
Waspada, I. P. (2012). Percepatan Adopsi Sistem Transaksi Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Jasa Perbankan. Jurnal Keuangan dan Perbankan , 16(1) : 122-131.
Zahid, N., Mujtaba, A., & Riaz, A. (2010). Consumer Acceptance of Online Banking. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences , Vol. 27 (1) Pages 45-51.