Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Nasabah Bank Sumut Syariah

Main Article Content

Azlia Fahira Tri Inda Fadhila Rahma Rahmi Syahriza

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction nasabah Bank Sumut Syariah. Dimana pada Bank Sumut Syariah terjadi ketidakpuasan nasabah terhadap layanan elektronik yang diberikan oleh bank, seperti sulitnya nasabah untuk melakukan transaksi akibat server Bank Sumut yang kurang lancar. E-satisfaction adalah kepuasan pelanggan sehubungan dengan pengalaman pembelian sebelumnya dengan perusahaan e-commerce yang diberikan. E-satisfaction sebagai sebuah kondisi psikologis dimana hasil yang muncul ketika konsumen membuka M-Banking dapat sesuai dengan harapannya. E-Satisfaction dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu E-Service Quality. E-Service Quality merupakan pelayanan yang diberikan pada jaringan internet sebagai perluasan dari kemampuan suatu situs untuk memfasilitasi kegiatan belanja, pembelian, dan distribusi secara efektif dan efisien. Di dalam E-Service Quality terdapat 4 Dimensi yang diperlukan untuk mengukur kepuasan nasabah, yaitu Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan Privacy. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara dua variabel atau lebih. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi penelitian meliputi nasabah pengguna M-Banking Bank Sumut Syariah dan penentuan sampel menggunakan metode ketetapan akurasi slovin sehingga jumlah sampel penelitian adalah 96 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji-F secara simultan dan uji-t secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-4 dimensi dari E-Service Quality yaitu Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan Privacy secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap E-Satisfaction nasabah Bank Sumut Syariah. Besarnya pengaruh parsial ke-4 dimensi dari E-Service Quality terhadap E-Satisfaction nasabah adalah sebesar 62,3%.

Article Details

How to Cite
Fahira, A., Rahma, T., & Syahriza, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Nasabah Bank Sumut Syariah. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 247-264. https://doi.org/https://doi.org/10.53651/jdeb.v15i1.358
Section
Articles

References

Amin, et al. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampkanya Pada E-satisfaction Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 17 No 1, 2014.

Arif, Muhammad. 2021. Marketing Skill, Medan: FEBI UINSU Press.

Bank Indonesia. 2019. Tempo.co.Transaksi E-commerce.

Bi Rahmani, Nur Ahmad. 2016. Metode Penelitian Ekonomi, Medan: FEBI UINSU Press.

Fadhila Rahma, Tri Inda. 2018. Masyarakat Kota Medan Terhadap Penggunaan Financial Technology (Fintech).

Kotler, et al. 201. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi Delapan). Jakarta: Erlangga.

Muhammad. “Pengaruh E- Service Quality Terhadap Minat Pembelian Produk Busana Muslim Di Lazada Indonesia Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal Ekonomi, 2017.

Nasution, Lathief. 2018. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah Medan: FEBI UINSU Press.

Sheng dan Liu. 2016. An Empirical Study on the Effect of E-service Quality on Online Customer Satisfaction and Loyalty E-satisfaction

Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian Dan Aplikasinya Dengan Spss 10.00 For Windows. Bandung: Alfabeta.

Syahriza, Rahmi. 2017. Hadis-hadis Ekonomi, Jakarta: Balebat Dedikasi Prima.

Syarfina, Laylan. 2018. Panduan Penelitian Kuantitatif Akuntansi, Medan: Febi Press UINSU.

Tobagus, Anita. “Pengaruh E-service Quality Terhadap E-satisfaction Pada Pengguna Di Situs Tokopedia”, Agora Vol. 6, No. 1, 2018.

Zeithaml, et al. 2009. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 5th edition. New York: McGraw –Hill.