PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA SEPATU MEREK SKETCHERS)
Main Article Content
Abstract
Abstract,
This research aims to determine the direct influence between brand image and product quality on consumer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable.
The population used in this research were all consumers who buy and wear sketchers shoes in Malang. The total samples of 70 respondents using accidental sampling. Data analysis method using path analysis (path analysis).
The results of this research indicate the coefficient of determination of multiple correlation (R2) is 0.813 or 81.3%, the remaining 18.7% is influenced by other independent variables not included in this study and F count = 129.467 at a significance level of 0.000 so that it can be concluded that the variables Free consisting of brand image (X1) and product quality (X2) has a significant effect on the dependent variable of satisfaction (Y).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
References
Amin Widjaja Tunggal. 2008. Dasar - Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.
Deny Irawan dan Edwin Japarianto. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening, JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN Vol. 1, No. 2.
Dharmesta dalam Diah Dharmayanti. (2006). Analisa Dampak Service Performance Dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ilmiah Universitas Petra Surabaya.
Evawati. 2012. Kualitas Produk dan Citra Merek (Brand Image) MC Donald: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. 1(2): h: 184-191.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetian Pelanggan, Alih Bahasa oleh Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Harianto, David. Subagianto, Hartono. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Images Dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Management Pemasaran Vol. 1, No.1
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks-PrenticeHall.
Kotler, Philip & Keller, Kevin. (2011). Marketing Management 14th Edition. United States of America: Pearson.
Kotler. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12.Jilid.Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: PT.Indeks.
------------. 2012. Management pemasaran di Indonesia; analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Lutfiana, Astri Ayu, Saryadi dan Andi Wijayanto. 2013. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Antara Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Merek Aqua. Jurnal Ilmu Administrasi bisnis.
Mas Adrian Mawardi dan Trisha Gilang Saraswati. 2019. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Sepatu Merek Vans Dikota Bandung. e-Proceeding of Management: Vol.6, No.3
Raharjo, A. 2013.Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu AS. Jurnal Segmen Manajemen. 9(1): h: 1- 14.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Management pemasaran. Jakarta: salemba medika.
Setiadi, J. Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Wijaya, P.S.M. 2008. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks Coffee di Yogyakarta”, Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, vol. 3.
Wiratama, Aditya Yoga, dan Imroatul Khasanah. (2012). Analisis Pengaruh Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike di KotaSemarang.